My Follower

Jumat, 15 Mei 2015

Book recommendation for medical student "Urogenitalia"

Well, kali ini saya akan menuliskan rekomendasi buku buku rujukan bagi medstudent yang bisa dijadikan bahan belajar dalam menjalani modul yang terkait. Sebelum saya memulai review yang pertama, saya ingin menjelaskan tentang apa yang saya tulis dan alasan saya menulisnya.

Apa yang saya tulis?
Saya menulis review dari buku buku yang pernah saya baca ketika saya sedang menjalani modul tersebut dan menurut saya buku itu recommended buat mahasiswa yang lain, jadi intinya , apa yang saya tulis ini subyektif menurut saya ya, karena pasti lebih banyak buku lain yang lebih bagus yang saya belum tahu dan belum saya baca. Dan buku yang saya tulis biasanya adalah buku yang berbahasa inggris, karena saya membacanya dalam bentuk pdf ( for the sake of cost saving anyway :") ), sebagian telah ada terjemahan dalam bahasa Indonesia, tapi kebanyakan belum ada hehehe.

Mengapa saya menulis review ?
Biasanya, sebelum saya membaca sebuah buku, saya terlebih dahulu mencari review dari buku tersebut, dan biasanya dari website luar, bukan dari Indonesia. Nah, kali ini saya ingin memudahkan sejawat supaya bisa membaca review ala kadarnya dari saya menggunakan bahasa ibu pertiwi, Dan sebenernya, ini adalah jawaban dari adek kelas saya yang biasanya bertanya " Mbak, waktu modul ini baca buku apa? Mbak, buku yang enak dibaca apa? Dst... " Jadi , lebih enak saya sediakan di blog biar pada baca....
Lanjut review yaaaaaaa :D
Ini dia daftar buku yang saya rekomendasikan untuk modul urogenital ( modul yang lain nyusul :3 ), check it out~




  • Visualizing anatomy and physiology , By CraigC. Freudenrich and Gerard J Tortora. Mengapa saya merekomendasikan buku ini? Buku ini tergolong singkat, dan ngga terlalu "dalam", bahasanya juga sederhana dan ngga ribet, selain itu gambarnya "lucu" dan cukup menjelaskan, dan hampir disetiap modul, untuk fisiologi saya lebih memilih baca buku ini ketimbang Fisiologi Guyton. Mengapa? Untuk landasan pertama, saya lebih memilih buku yang seperti ini, bahasanya tidak terlalu susah dan disertai gambar, baru ketika pemahaman saya sudah lebih baik, landasannya sudah kuat, baru saya baca buku yang menurut saya lebih "nritik" dan lebih dalam, yaitu fisiologi guyton, atau bukunya Gerard J Tortora yang lain, yaitu Principle of anatomy and physiology.
    Sampul Visualizing Anatomy and Physiology

Mekanisme RAAS dari buku Visualizing Anatomy and Physiology
  • Campbell-walsh urology. Kalo dalam bahasa korea, buku ini daebak! Recommended banget buat yang lagi menjalani modul urology. Alasannya? buku ini lengkap menjelaskan tentang urology, mulai dari anatomi dan fisiologi, gejala gejala penyakit urology yang dijelaskan dengan bahasa yang menurut saya ngga ribet, PF, urinalisis, definisi penyakit, pathogenesis juga lengkap banget, dilengkapi dengan tabel dan bagan bagan yang amat sangat menjelaskan, pokoknya buku terbitan elsevier ini top markotop. Selain itu, terdapat gambaran histopatologi juga radiologi dari beberapa penyakit. Kekurangan buku ini, gambar skematisnya ngga terlalu banyak, cuma dari segi teori buku ini masuk kategori amat sangat lengkap. Sebenernya, saking lengkapnya buku ini, ngga semua isi buku akan terbaca, silakan dibaca yang sesuai sasbel aja :D
Sampul Campbell walsh Urology

Contoh bagan dari buku campbell urology

  • Smith Urology. Buku ini saya rekomendasikan karena gambar skematis yang ada dibuku ini bisa lebih menjelaskan dan membantu pemahaman kita menjadi pemahaman yang lebih baik. Teorinya juga lumayan lengkap, tetapi jauh lebih singkat daripada campbell urology. Jadi, saya membaca buku ini sebagai pelengkap dari campbell urology.Lumayan membantu lo :))
    Sampul Smith Urology

    Contoh gambar skematis dari Smith Urology

  • Sexually Transmitted Disease , cetakan Mcgrawhill. Buku ini saya rekomendasikan karena buku ini membahas teori  penyakit menular seksual dengan sangat lengkap, mulai dari sejarah, profil orang orang yang rentan terhadap STD , host immunity dan pathogenesis secara lengkap.  biologi dari masing masing organisme penyebab STD, manajemen dan juga pencegahan.Jadi, buku ini udah paket komplit dari STD, akan tetapi kekurangan dari buku ini adalah gambar dari STD, karena untuk menentukan DD dari STD kita membutuhkan gambar dari setiap penyakit. Jadi, butuh buku pelengkap juga selain buku ini :)) 
    Cover Sexually Transmitted Disease
    Contoh Bagan dari Sexually Transmitted Disease

  • Fitzpatrick's Color Atlas And Synopsis Of Clinical Dermatology. Nah, ini dia buku pelengkap dari STD, karena buku ini adalah atlas yang berisikan gambar asli atau bahasa kekiniannnya adalah real pict dari penyakit kulit dan kelamin. Buku ini penting banget dibaca dimodul ini, karena untuk bisa membedakan masing masing STD, kita harus mengetahui gambaran yang nyata dan jelas. Dan dibuku ini, gambaran dari masing masing STD sudah amat sangat lengkap :D
    Cover buku Fitzpatrick's Color Atlas And Synopsis of Clinical Dermatology
    Isi dari buku Fitzpatrick's Color Atlas And Synopsis of Clinical Dermatology
    Nah, itu dia buku buku yang saya rekomendasikan untuk modul urogenitalia. Saya ulangi sekali lagi, bahwa rekomendasi diatas adalah murni pendapat subyektif dari saya, jika ada dari pembaca yang merekomendasikan buku lainnya, atau barangkali ada yang mengkritik atau request untuk modul lainnya, please do left a comment yaaa :)) 

Artikel Terkait Lainnya :



1 komentar:

  1. mbaaa minta dimasukin ke blog pendpro juga doooooong ;) ;) kiss kiss :*

    BalasHapus