My Follower

Selasa, 22 Juli 2014

Pilih makanan organik atau nonorganik?

Selama ini kita sering mendengar istilah makanan organik yang identik dengan harganya yang selangit. Lalu sebenarnya apa sih yang membedakan antara makanan yang organik dan tidak? Lalu seberapa besar dampaknya jika kita tetap memilih makanan nonorganik? Nah kali ini saya akan membahas tentang makanan organik, tentu saja ini bukan murni tulisan saya, saya hanya menerjemahkan dan membuat bahasanya lebih mudah untuk dimengerti ( alasan pertama  karena saya ditegur adek yang ngga mudeng saya ngeshare apaan difacebook karena bahasanya susah ). Sumber tulisan saya adalah jurnal dari american academic of pediatrics ( AAP ) yang terbit pada tahun 2012 dengan judul "Organic Foods: Health and Environmental Advantages and Disadvantages" yang bisa dibaca disini . Semoga bermanfaat ya :D

Sebelum kita menuju ke topik utama kita, kita bahas dulu deh sebenernya makanan organik itu apa sih?
Makanan organik adalah makanan yang tumbuh tanpa paparan pestisida, pupuk, antibiotik ataupun hormon pertumbuhan. 

Lalu sebetulnya, ada beda ngga sih jika kita mengonsumsi makanan organik atau tidak? Yuk kita bahas :D

Banyak konsumen yang percaya bahwa makanan organik lebih banyak mengandung nutrisi daripada yang nonorganik. Tapi pada kenyataannya, beberapa penelitian membuktikan bahwa tidak ada perbedaan yang signifikan antara nutrisi yang dimiliki oleh makanan organik dan anorganik.
Meskipun begitu, kandungan nitrat yang dimiliki oleh makanan organik memang lebih sedikit. Nitrat sendiri merupakan suatu zat yang resiko terjadinya kanker gastrointestinal ( kanker lambung dan usus ), serta pada bayi dapat meningkatkan resiko terjadinya methemoglobinemia.
Dibeberapa penelitian lain juga mengatakan bahwa sayuran organik, seperti bayam mengandung lebih banyak vitamin c, dan makanan organik yang lain mengandung lebih banyak fenol yang memiliki efek antioksidan.
Namun, benar atau tidaknya penelitian ini juga masih dipertanyakan, karena ternyata yang faktor yang berpengaruh alias variabel perancu terhadap nutrisi yang dikandung suatu makanan itu banyak sekali, termasuk letak geografis, karakteristik tanah dan iklim.
Tapi yang jelas, makanan organik itu mengurangi resiko paparan pestisida, meskipun jika dipandang secara nutrisi sih gajauh beda.. Pestisida memang dapat menimbulkan gangguan kesehatan, seperti pada petani yang sering terkena paparan pestisida secara langsung. Nah, paparan pestisida dari makanan anorganik secara klinis juga belum diketahui dampaknya secara pasti, karena selama ini penelitian tentang itu hanya dilakukan dengan desain case control atau cross sectional ( ciyeee yang barusan selesai modul metodologi penelitian ciyee ). Dan kedua metode tersebut sama sama memiliki kelemahan, salah satunya adalah kesulitan untuk menemukan seberapa banyak pajanan di masa lalu. Jadi, butuh studi dengan metodologi RCT atau cohort, apakah anda berminat? :D

In conclusion, sejauh ini sih, belum ada penelitian yang membuktikan bahwa dengan mengonsumsi makanan organik akan dapat memberi dampak protektif terhadap kesehatan ataupun mencegah terjadinya penyakit.

Kalo kata presiden dari AAP, DR. Thomas K. McInerny, " If you're on budget, don't buy more expensive organic option if it's going to reduce your family's overall intake of healthy foods like fresh produce," Katanya lagi,, "It's better for kids to eat five servings of conventionally grown produce a day than for them to eat one serving of organic vegetables."

Nah, kalo buat saya pribadi sih, mendingan saya mamam buah dan sayuran nonorganik deh, karena saya ngerasa saya sih ga mampu beli makanan mahal mahal XD
Gapapa, sih lebih murah, kalau nutrisinya hampir sama ya kenapa tidak?
Kalau anda gimana? Terserah anda, tapi saran saya sesuaikan pendapatan anda, kalau memang ada uang berlebih, makanan yang organik ya lebih baik, kalau uangnya mepet mendingan yang konvensional aja deh. Kaya kata DR. Thomasn K McInerny, mendingan beli 5 porsi makanan nonorganik, daripada kalo beli makanan organik cuma mampu beli 1 porsi, hehe.

Selamat makan makanan sehaaaaaat, jangan lupa berdoa sebelum makan supaya makannya jadi berkah :D



Artikel Terkait Lainnya :



Tidak ada komentar:

Posting Komentar